Selasa, 14 Desember 2010

bersukur dalam segelas air oleh suadi


BISMILLAH HIRAHMANNIRRAHIM
ASSALAMUALIKUM WR.. WB..
Jamaah sholat terawih yang di rahmati Allah, Puji syukur kita sama sama panjatkan kepada Allah swt yang telah memberikan nikmat iman dan islam, terlebih nikmat sehat sehingga sampai malam hari ini kita dapat melaksanakan ibadah sholat sunat terawih yang ke Sembilan. Adapun fadillahnya adalah: Allah karuniakan pahala menaikan mutu ibadah hambanya seperti Nabi Muhamad SAW. Subhanallah….maka sungguh beruntung kita mlam ini, siapa yang tidak tahu bagaiman mutu ibadah Beliau. Kita hanya dengan melaksanakansholat terawih malam ini di samakan dengan ibadah Nabi muhamad SAW.
Selanjutnya selawat serta salam selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi besar Muhamad SAW,
Jamaah sholat terawih yang di rahmati Allah,Pada kesempatan niki izinkan saya menyampaikan ceramah singkat yang saya beri judul “BERSYUKUR DALAM SEGELAS AIR” semoga ada manfaatnya bagi kita semua khususnya bagi diri tiang sendiri.
Sebagaimana sudah sering disampaikan bahwa Allah memerintahkan manusia untuk berpuasa dengan tujuan agar manusia mencapai derajat taqwa. Salah satu ciri taqwa adalah bersyukur pada Allah.
Banyak kita bersyukur atas nikmat yang besar, tetapi sangat jarang kita  bersyukur atas nikmat yang kita anggap kecil atau sedikit. Padahal sesungguhnya tidaklah ada nikmat yang kecil dari Allah, kebodohan dan pe rsepsi kita sajalah yang membuat nikmat tersebut tidak disyukuri.
Ada sebuah cerita hikmah:
Suatu ketika Nasyrudin sedang duduk di rumahnya, tiba-tiba datang temannya mengeluh dan meminta pertolongan.
“Wahai Nasyrudin,” kata orang itu. “aku memiliki rumah yang sempit, aku tidak kerasan tinggal di rumah tersebut. Tolong aku agar rumahku menjadi luas,”
Kemudian Nasyrudin menyuruh orang itu pulang dan memasukan 5 ekor kambing ke dalam rumahnya.
Besoknya orang itu datang lagi dan berkata, “wahai Nasyrudin, rumahku menjadi tambah sempit karena kambing-kambing itu”
Kemudian Nasyrudin kembali menyuruh orang itu pulang dan menyuruhnya memasukan 5 ekor unta. Dengan wajah penuh keheranan orang itu pulang dan menuruti apa yang suruh Nasyrudin.
Besoknya orang itu kembali lagi dengan wajah sangat marah.
“Nasyrudin, sekarang aku tidak bisa tidur, aku terhimpit oleh binatang ternak. Aku hanya bisa berdiri mematung di tumahku,”
“Pulanglah,” jawab Nasyrudin. “Lalu keluarka semua binatang ternak itu dari rumahmu.”
Besoknya orang itu kembali dengan wajah berseri-seri, “Alhamdulillah, sekarang rumahku menjadi sangat luas sekali, aku bisa tenang tiduran dan melakukan apapun di rumahku,” kata orang itu dengan penuh semangat.
Padahal rumahnya tak berubah, apalagi bertambah luas secara fisik dari sebelumnya. Masih banyak lagi kenyataan kenyataan nikmat Allah yang luput dari rasa syukur kita. Kita baru sadar jiga nikmat tersebut hilang.
Apa hubungannya  cerita itu dengan ibadah Ramadhan yang kita laksanakan?
Dengan ramadhan ini rupanya Allah sedang mendidik kita untuk bisa lebih bersyukur dengan nikmat yang kita peroleh. Segelas air bahkan bergelas-gelas air yang kita minum setiap harinya, atau bergalon-galon air yang kita minum tiap bulannya, jarang atau bahkan tidak pernah kita bersyukur, bahkan mungkin kita tidak menyadari kalau itu adalah sebuah nikmat dari Allah.
Tapi saat kita diterpa dahaga dan lapar karena berpuasa, segelas air saat berbuka terasa sangat nikmat sekali membasahi kerongkongan. Baru pada saat itu kita merasakan akan nikmat Allah dalam segelas air tersebut, padahal di hari biasa kita kerap mengabaikannya.
Lalu bagaimanakah cara kita bersyukur pada Allah?
Para ulama mengemukakan tiga cara bersyukur kepada Allah.
 Pertama, bersyukur dengan hati nurani. Untuk itu, orang yang bersyukur dengan hati nuraninya sebenarnya tidak akan pernah mengingkari banyaknya nikmat Allah.
Kedua, bersyukur dengan ucapan. Lidahlah yang biasa melafalkan kata-kata. Ungkapan yang paling baik untuk menyatakan syukur kita kepada Allah adalah hamdalah(alhamdulillahirabbilalamin). Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda, ”Barangsiapa mengucapkan subhana Allah, maka baginya 10 kebaikan. Barangsiapa membaca la ilaha illa Allah, maka baginya 20 kebaikan. Dan, barangsiapa membaca alhamdu li Allah, maka baginya 30 kebaikan.”
Ketiga, bersyukur dengan perbuatan, yang biasanya dilakukan anggota tubuh. Tubuh yang diberikan Allah kepada manusia sebaiknya dipergunakan untuk hal-hal yang positif. Menurut Imam al-Ghazali, ada tujuh anggota tubuh yang harus dimaksimalkan untuk bersyukur. Antara lain, mata, telinga, lidah, tangan, perut, kemaluan, dan kaki.
Demikian kultum kitakali ini,
Semoga dengan ramadhan ini biasa sebagai shahruttarbiyah atau bulan pendidikan yang  bisa membuat kita menjadi insane yang bersyukur atas nikmat lahiriah maupun batiniah. Mohon maaf atas segala kekurangan wabillahhitaufiq walhidayah wassalamualikum warah matullahiwabarakatuh
wallahu ‘alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar